Social Icons

Daftar 10 Negara Terkecil di Dunia

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sebuah Negara memiliki daerah kekuasaan yang terbatas. Sebuah negara hanya bisa menetapkan kebijakan di daerah yang dikuasainya saja. Oleh karena itu, semakin besar wilayah kekuasaan sebuah negara, maka semakin besar pula tanggung jawab yang harus diemban oleh pemerintahnya. Sebaliknya, semakin kecil wilayah kekuasaan sebuah negara, maka semakin kecil pula tanggung jawab yang harus diemban oleh pemerintah yang memimpinnya.
Nah, berbicara mengenai wilayah kekuasaan negara, berikut merupakan 10 negara terkecil di Dunia yang wilayah kekuasaannya tidak lebih besar dari Kota Jakarta
Vatican
Hasil gambar untuk Vatican
Predikat negara terkecil di dunia ditempati oleh Negara Vatikan yang memiliki wilayah daratan seluas 0,44 km2. Konon, di luas daratan yang sangat sempit ini, Negara Vatikan memiliki penduduk tetap sebanyak 843 jiwa.
Monako
Hasil gambar untuk Monako
Negara terkecil di dunia yang ke dua adalah Monako. Sama seperti halnya Negara Vatikan, Monako terletak di benua Eropa yang notabene memang memiliki banyak sekali negara berukuran kecil. Konon, menurut sumber yang kami baca, Monako hanya memiliki luas daerah tidak lebih dari 2 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 30.535 jiwa.

Nauru
Hasil gambar untuk Nauru
Predikat negara terkecil di dunia yang selanjutnya ditempati oleh Negara Nauru. Negara Nauru merupakan negara super kecil yang terletak di daratan Ocenia. Konon, menurut sumber yang kami baca, negara yang memiliki bendera berwarna biru tua ini hanya memiliki luas wilayah kekuasaan sebesar 21 km2 dan jumlah penduduk sebanyak 9.540 jiwa saja.
Tuvalu
Hasil gambar untuk Tuvalu
Negara terkecil di dunia yang selanjutnya adalah Tuvalu. Sama seperti halnya Negara Nauru, Negara Tuvalu juga terletak di daerah daratan Ocenia. Menurut sumber yang kami baca, negara berpenduduk 10.869 jiwa ini kabarnya hanya memiliki luas daerah kekuasaan sebesar 26 km2, yaitu 5 km2 lebih luas dibandingkan dengan Negara Nauru.
San Marino
Gambar terkait
Negara selanjutnya yang turut masuk ke dalam daftar 10 negara terkecil di Dunia adalah Negara San Marino. San Marino merupakan negara kecil berpenduduk 33.020 jiwa yang terletak di Benua Eropa. Konon, menurut sumber yang kami baca, negara ini hanya memiliki luas daerah kekuasaan sebesar 61 km2 saja.
Liechtenstein
Gambar terkait
Negara terkecil di dunia yang selanjutnya adalah Negara Liechtenstein. Sama seperti San Marino, Negara Liechtenstein merupakan negara sempit yang terletak di daratan benua Eropa. Konon, menurut referensi yang kami baca, negara ini hanya memiliki luas daerah sebesar 160 km2 dengan jumlah penduduk sebesar 37.525 orang saja.

Kepulauan Marshall
Hasil gambar untuk Kepulauan Marshall
Negara terkecil di dunia yang selanjutnya adalah Kepulauan Marshall. Berbeda dengan beberapa negara kecil lainnya yang hanya tidak terpisah – pisah satu sama lainnya, Negara Kepulauan Marshall terpisah – pisah ke dalam beberapa daerah kepulauan. Meskipun begitu, bukan berarti negara ini memiliki wilayah yang luas. Wilayah kekuasaan negara ini kabarnya hanya sekitar 181 km2. Padahal, menurut sumber yang kami baca, di negara ini ada lebih dari 72 ribu orang penduduk. Jadi bisa dibayangkan kan seperti apa sempitnya negara yang satu ini.
Saint Kitts and Nevis
Hasil gambar untuk Saint Kitts and Nevis
Negara kecil yang selanjutnya adalah Negara Saint Kitts and Nevis. Negara Saint Kitts anda Nevis merupakan negara berpenduduk 52 ribu jiwa yang terletak di Benua Amerika. Konon, untuk menampung penduduk yang tergolong tidak sedikit ini, Saint Kitts and Nevis hanya memiliki daerah kekuasaan seluas 261 km2 saja.
Maladewa
Hasil gambar untuk Maladewa
Negara terkecil di dunia yang selanjutnya adalah Maladewa. Maladewa merupakan negara mungil berpenduduk 393 ribu jiwa yang terletak di Benua Asia. Konon, meskipun jumlah penduduknya cukup banyak, Negara ini hanya memiliki wilayah kekuasaan seluas 298 km2 saja.
Malta
Hasil gambar untuk Malta
Negara terakhir yang juga tergolong sebagai 10 negara terkecil di Dunia adalah negara Malta. Malta merupakan negara sempit berpenduduk 413.965 jiwa yang terletak di Benua Eropa. Konon, menurut sumber yang kami baca, untuk menampung jumlah penduduk yang tidak sedikit ini, Negara Malta hanya memiliki wilayah kekuasaan seluas 316 km2 saja.