Social Icons

Sungai Terpanjang di Dunia yang Melintasi Lebih dari Satu negara

Karena Indonesia adalah negara kepulauan, tak heran jika di dalam negara yang indah ini terdapat banyak sungai. Negara yang dijuluki zamrud khatulistiwa ini memiliki lebih dari seratus sungai, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar. Di antara sungai-sungai itu, terdapat beberapa sungai yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia. Sebagian besar dari mereka terletak di pulau Kalimantan, Sumatera dan Papua.
Pada pulau-pulau tersebut, sungai memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan penduduk. Beberapa mafaat sungai di sana adalah untuk sarana transportasi, pembangkit listrik, pengairan sawah dan tempat budidaya perikanan. Tanpa disadari, sungai telah memberikan banyak manfaat tidak hanya pada penduduk area sekitar tapi juga untuk seluruh penduduk Indonesia.
Di antara sungai-sungai yang terdapat di Indonesia, terdapat sungai yang paling panjang yaitu Sungai Kapuas yang terletak di Pulau Kalimantan. Panjang sungai ini mencapai 1.143 km, mengalir dari Pegunungan Muller menuju Selat Karimata. Sungai ini melewati berbagai wilayah di Provinsi Kalimantan Barat dan menjadi salah satu jalur transportasi utama bagi penduduk di sana. Selain Kapuas, ada juga beberapa nama sungai yang tercatat ke dalam daftar 10 sungai terpanjang di Indonesia. Kira-kira apa saja sungai tersebut? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas
Sungai Kapuas
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km. Sungai ini terletak di Pulau Kalimantan, bermata air di Pegunungan Muller dan berhilir di Selat Karimata. Sungai ini memiliki peranan yang sangat penting terutama bagi para penduduk wilayah yang dilewatinya. Manfaat utamanya adalah sebagai sarana transportasi terutama bagi penduduk yang tinggal di wilayah-wilayah sekitarnya.

2. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam
Sungai Mahakam
Setelah Sungai Kapuas, terdapat Sungai Mahakam yang menempati urutan kedua daftar sungai terpanjang di Indonesia. Sungai ini juga terletak di Pulau Kalimantan, lebih tepatnya di Kalimantan Timur. Panjang dari sungai ini mencapai 909 km. Hilirnya terletak pada Selat Makassar. Sama dengan Sungai Kapuas, sungai ini juga menajdi tempat bergantung banyak penduduk di sekitarnya.

3. Sungai Barito

Sungai Barito
Sungai Barito
Sungai Barito juga merupakan sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di Kalimantan. Sungai ini memiliki panjang 909 km. Mata air sungai ini sama dengan mata air sungai panjang di Kalimantan lainnya, yaitu pegunungan Muller. Hilirnya terletak di Laut Jawa. Sungai terpanjang ketiga di Kalimantan ini melewati Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Kalimantan Selatan. Banyaknya sungai besar di Pulau Kalimantan memberikan keuntungan tersendiri bagi penduduknya.

4. Sungai Seruyan

Sungai Seruyan
Sungai Seruyan
Selain Kapuas, Mahakam dan Barito, terdapat juga Sungai Seruyan yang menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Sungai ini terletak di Kalimantan Tengah dan memiliki panjang 350 km. Air pada aliran sungai ini berasal dari mata air di bagian utara Provinsi Kalimantan Tengah. Hilirnya berada pada Laut Jawa. Dengan adanya sungai ini, sudah tercatat empat sungai besar dari Kalimantan yang menjadi anggota sungai-sungai terpanjang milik Indonesia.

5. Sungai Batanghari

Sungai Batanghari
Sungai Batanghari
Dari Kalimantan, kini kita beralih ke Sumatera. Sungai Batanghari adalah salah satu sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di pulau tersebut. Sungai ini memiliki panjang 800 km, bermata air di Gunung Rasan dan berhilir di Muara Sabak, yaitu bagian timur Pulau Sumatera. Sungai Batanghari menjadi sungai paling panjang di Pulau Sumatera.

6. Sungai Musi

Sungai Musi
Sungai Musi
Sungai Musi memiliki panjang 750 km dan terletak di Pulau Sumatera, lebih tepatnya Sumatera Selatan, dan merupakan sungai terpanjang kedua di sana setelah Sungai Batanghari. Mata airnya terletak di daerah Kepahiang, Bengkulu. Sedangkan hilirnya terdapat di Daerah Sungsang, yaitu bagian Timur Pulau Sumatera.

7. Sungai Indragiri

Sungai Indragiri
Sungai Indragiri
Sungai di Sumatera yang juga termasuk ke dalam daftar sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Indragiri yang terletak di Provinsi Riau. Sungai ini memiliki panjang 500 km. Aliran sungai ini berasal dari dua sungai yang bernama Sungai Ombilin dan Sungai Sinamar. Hilirnya terletak di Selat Malaka. Kini sudah tercatat bahwa Pulau Sumatera telah menyumbangkan tiga sungai besarnya sebagai bagian dari sungai-sungai terpanjang di Indonesia.

8. Sungai Bengawan Solo

Sungai Bengawan Solo
Sungai Bengawan Solo
Mungkin kamu sudah cukup familiar dengan Sungai Bengawan Solo. Sungai yang namanya dijadikan judul sebuah lagu ini ternyata termasuk ke dalam jajaran sungai-sungai terpanjang di Indonesia. Letaknya di Pulau Jawa, melewati Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Aliran sungai ini berasal dari mata air Gunung lawu menuju Laut Jawa. Sungai ini adalah satu-satunya sungai di Jawa yang menjadi anggota 10 sungai terpanjang di Indonesia.

9. Sungai Mamberamo

Sungai Mamberamo
Sungai Mamberamo
Setalah menyusuri sungai terpanjang milik Indonesia yang terletak di Kalimantan, Sumatera dan Jawa, kini kita beralih ke sungai-sungai panjang di Indonesia bagian timur, yaitu Papua. Salah satu sungai terpanjang yang terletak di Papua yaitu Sungai Mamberamo. Panjang sungai ini mencapai 670 km. Mata airnya berasal dari Pertemuan beberapa anak sungai yaitu Sungai Tariku, Sungai Taritatu dan Sungai Daalen. Sedangkan hilir dari sungai ini berada pada Samudera Pasifik.

10. Sungai Digul

Sungai Digul
Sungai Digul
Sungai lain yang terletak di Papua dan menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Digul. Panjang dari sungai ini mencapai 525 km dengan mata air dari pegunungan Maoke dan berhilir di laut Arafuru. Dengan demikian, tercatat bahwa Pulau Papua telah menyumbangkan dua sungai besar ke dalam asset Indonesia.

Di dunia ini terdapat beberapa sungai yang panjangnya luar biasa, tapi manakah sungai yang terpanjang dan terbesar?
Di artikel kali ini kami coba mendaftar 20 sungai terpanjang dan terbesar di dunia. Di antaranya ada beberapa sungai yang sudah sering kita dengar, seperti Sungai Nil, Sungai Amazon dan Sungai Mississippi.

#1 Sungai Nil

sungai nil afrika
http://edugeography.com/
Sungai Nil merupakan sungai terpanjang di dunia yang melewati 11 negara yaitu Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan dan Mesir. Anak sungai utama dari Sungai Nil yaitu Sungai Nil Putih dan Sungai Nil Biru.
Basin : 3.400.000 km2
Panjang : 6.650 Km

#2 Sungi Amazon

sungai amazon brazil
http://edugeography.com/
Sungai Amazon merupakan sungai yang paling popular yang memiliki aliran air terbesar dengan dbit air sekitar 209.000 meter kubik per detik.
Sungai Amazon terletak di 3 negara, yaitu Brazil, Kolombia dan Peru. Sungai Amazon memiliki 1.100 anak sungai, 17 diantaranya memiliki panjang mencapai 1.500 Km.
Basin : 7.050.000 km2
Panjang : 6.400 Km

#3 Sungai Yangtze

sungai yangtze cina
www.experiencetheskies.com
Sungai Yangtze sepenuhnya terletak di negara Republik Rakyat China dan merupakan sungai terbesar di Asia. Sungai Yangtze mengalir melewati kota-kota penting di China dan lanskap yang berbeda mulai dari hutan tropis, gurun, lembah-lembah, dan Pegunungan Rocky.
Sungai Yangtze berperan penting dalam kelangsungan hidup masyarakat dan ekonomi China.
Basin : 1.808.500 km2
Panjang : 6.300 Km

#4 Sistem Sungai Mississippi-Missouri

sungai mississippi missouri amerika
travelnewz.info
Sungai ini 98,5% berada di wilayah Amerika Serikat dan sisanya berada di wilayah Kanada. Sistem sungai ini terdiri dari tiga sungai yaitu Sungai Mississippi (3.767 km), Sungai Missouri (3.766 km) dan Sungai Jefferson (83 mil) yang total panjangnya 6.275 km.
BACA  Mengenal Jenis-jenis Tanah, Ciri-ciri, Gambar dan Pemanfaatannya
Aliran Sungai Mississippi berasal dari danau Itasca di Minnesota, sedangkan aliran Sungai Missouri berasal dari Pegunungan Rocky di Montana, keduanya bertemu di St. Louis Missouri.
Pada tahun 1993, Sungai Mississippi – Missouri meluap menyebabkan banjir besar dan menewaskan 39 orang. Saat itu kerugian hampir mencapai 12 miliar US dollar.
Basin : 1.151.000 + 529.350 km2
Panjang : 6.275 Km

#5 Sistem Sungai Yenisei-Angara-Selenge

sungai yenisei
wikimedia.org
Lebih dikenal dengan nama Sungai Yenisei, lokasinya sebagian besar berada di wilayah Russia, hanya 2,9% yang masuk wilayah Mongolia dan mengalir menuju Laut Kara. Aliran sungai utamanya yaitu Sungai Angara dan Sungai Selenge.
Basin : 2.580.000 km2
Panjang : 5.539 Km

#6 Sungai Kuning

sungai kuning china
turner.com
Sungai Kuning berada di wilayah negara China, mengalir melewati sembilan provinsi dengan hulunya di Pegunungan Bayan Har. Sungai Kuning merupakan sungai terbesar kedua di Asia setelah Sungai Yangtze.
Basin : 752.000 km2
Panjang : 5.464 Km

#7 Sungai Ob-Irtysh

sungai obi
nuggetsbowl.com
Sungai Ob berada di Rusia, sedangkan Sungai Irtysh mengalir melewati Rusia, Kazakhstan, China dan Mongolia. Sungai Ob-Irtysh merupakan sungai terpanjang ketujuh di dunia dan sungai utama di kawasan Siberia Barat.
Basin : 2.990.000 km2
Panjang : 5.410 Km

#8 Sungai Parana – Rio de la Plata

sungai parana
wikimedia.org
Sistem sungai ini berada di wilayah Amerika Selatan dan mengalir melewati negara Brazil, Argentina, Paraguay, Bolivia dan Uruguay.
Basin : 2.582.672 km2
Panjang : 4.880 Km

#9 Sungai Congo – Chambeshi

sungai kongo
http://answersafrica.com/
Sungai ini mengalir melewati beberapa negara di Afrika Tengah dan bermuara di Samudera Atlantik. Sistem Sungai Congo-Chambeshi merupakan sungai terpanjang kedua di Benua Afrika.
Sungai ini berperan sangat penting bagi kehidupan masyarakat Afrika Tengah dan sudah digunakan sebagai jalur transportasi sejak ribuan tahun yang lalu.
BACA  Cara Menggunakan Mikroskop Dengan Baik dan Benar
Basin : 3.680.000 km2
Panjang : 4.700 Km

#10 Sungai Amur – Argun

sungai amur argun
http://edugeography.com/
Sistem sungai Amur – Argun bermuara di Laut Okhotsk dan mengalir melewati negara China, Russia dan Mongolia. Sungai ini memiliki beberapa anak sungai, diantaranya Sungai Shika, Sungai Zeya, Sungai Ergune dan Sungai Huma.
Basin : 1.855.000 km2
Panjang : 4.444 Km

#11 Sungai Lena

sungai lena
http://intactnature.com/
Sungai Lena terletak di negara Siberia dan merupakan sungai terbesar ke-10 di dunia. Sungai Lena mengalir dari Gunung Baikal dan bermuara di Laut Arktik.
Basin : 2.490.000 km2
Panjang : 4.400 Km

#12 Sungai Mekong

sungai mekong
thousandwonders.net
Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia dan sungai terbesar ke-10 di dunia. Sungai Mekong mengalir dari China ke Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja dan Vietnam. Sungai Mekong memiliki sejarah penting bagi negara-negara di Asia Tenggara.
Basin : 810.000 km2
Panjang : 4.350 Km

#13 Sistem Sungai Mackenzie – Slave – Peace – Finlay

Sungai Mackenzie
lightgalleries.net
Sungai Mackenzie merupakan sistem sungai terbesar di Kanada. Aliran sungainya berasal dari Sungai Damai, Sungai Athhabasca dan Danau Slave. Sungai ini bermuara di Teluk Mackenzie, di Teluk Beaufort.
Basin : 1.790.000 km2
Panjang : 4.240 Km

#14 Sungai Niger

sungai niger
http://edugeography.com/
Sungai Niger merupakan sungai terpanjang ketiga di Benua Afrika, setelah Sungai Nil dan Sungai Kongo. Sungai Niger terletak di Afrika Barat yaitu di negara Nigeria, Mali, Niger, Algeria, Guinea, Kamerun, dan Burkina Faso.
Basin : 2.090.000 km2
Panjang : 4.200 Km

#15 Sungai Murray – Darling

sungai murray
southaustralia.com
Sungai Murray – Darling terletak di wilayah Australia Selatan dan New South Wales. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Australia.
Basin : 950.000 km2
Panjang : 3.672 Km

#16 Sungai Tocantins – Araguaia

Sungai Tocantins
panoramio.com
Sungai Tocantins – Araguaia terletak di negara Brasil dan merupakan habitat asli Inia araguaiaensis. Sungai ini mengalir dari selatan ke utara dan bermuara ke Samudera Atlantis.
BACA  Belajar Matematika itu Mudah dan Menyenangkan
Basin : 950.000 km2
Panjang : 3.650 Km

#17 Sungai Volga

sungai volga
http://edugeography.com/
Sungai Volga dikenal sebagai sungai nasional Rusia, karena sebelas kota terbesar di Rusia terletak di tepi Sungai Volga. Sungai Volga termasuk salah satu sungai terpanjang di Benua Eropa. Sungai ini mengalir ke bagian barat Rusia.
Basin : 1.380.000 km2
Panjang : 3.645 km

#18 Sungai Shatt al-Arab – Euphrates

sungai euphrates
http://looklex.com/
Basin : 884.000 km2
Panjang : 3.590 Km

#19 Sungai Madeira – Mamore – Grande -Caine – Rocha

sungai madeira
ejatlas.org
Basin : 1.485.200 km2
Panjang : 4.380 Km

#20 Sungai Purus

sungai purus
invisibleperu.com
Basin : 63.166 km2
Panjang : 3.211 Km