Sering
kita mendengar tentang nama seorang sufi besar dan ulama besar bernama
Syekh Abdul Qodir Jaelani, atau ada yang menyebut Jiilani. Siapakah
sebenarnya beliau? Apa yang menjadi pandangan beliau yang jelas tentu
tetap berpegang pada junjungan kita Nabi Besar Sayyidina Muhammad
SAW…berikut informasi dikumpulkan dari berbagai macam sumber…
Syeikh Abdul Qodir Jaelani (bernama
lengkap Muhy al-Din Abu Muhammad Abdul Qodir ibn Abi Shalih Zango Dost
al-Jaelani) lahir di Jailan atau Kailan tahun 470 H/1077 M, sehingga
diakhir nama beliau ditambahkan kata Al Jailani atau Al Kailani atau
juga Al Jiliydan.(Biaografi beliau dimuat dalam Kitab Adz Dzail ‘Ala
Thabaqil Hanabilah I/301-390, nomor 134, karya Imam Ibnu Rajab Al
Hambali). Beliau wafat pada hari Sabtu malam, setelah maghrib, pada
tanggal 9 Rabi’ul Akhir di daerah Babul Azajwafat di Baghdad pada 561
H/1166 M.
Dalam usia 8 tahun ia sudah
meninggalkan Jilan menuju Baghdad pada tahun 488 H/1095 M. Karena tidak
diterima belajar di Madrasah Nizhamiyah Baghdad, yang waktu itu dipimpin
Ahmad al-Ghazali, yang menggantikan saudaranya Abu Hamid al-Ghazali.
Masa Muda
Beliau meninggalkan tanah kelahiran,
dan merantau ke Baghdad pada saat beliau masih muda. Di Baghdad belajar
kepada beberapa orang ulama’ seperti Ibnu Aqil, Abul Khatthat, Abul
Husein Al Farra’ dan juga Abu Sa’ad Al Muharrimi. Beliau belajar
sehingga mampu menguasai ilmu-ilmu ushul dan juga perbedaan-perbedaan
pendapat para ulama’. Suatu ketika Abu Sa’ad Al Mukharrimi membangun
sekolah kecil-kecilan di daerah yang bernama Babul Azaj. Pengelolaan
sekolah ini diserahkan sepenuhnya kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani.
Beliau mengelola sekolah ini dengan sungguh-sungguh. Bermukim disana
sambil memberikan nasehat kepada orang-orang yang ada tersebut. Banyak
sudah orang yang bertaubat setelah mendengar nasehat beliau. Banyak
orang yang bersimpati kepada beliau, lalu datang ke sekolah beliau,
sehingga sekolah itu tidak muat menampungnya.
Murid-murid beliau banyak yang menjadi
ulama’ terkenal. Seperti Al Hafidz Abdul Ghani yang menyusun kitab
Umdatul Ahkam Fi Kalami Khairil Anam. Juga Syeikh Qudamah penyusun kitab
fiqh terkenal Al Mughni.
Perkataan ulama tentang beliau : Syeikh
Ibnu Qudamah rahimahullah ketika ditanya tentang Syeikh Abdul Qadir,
beliau menjawab, ” kami sempat berjumpa dengan beliau di akhir masa
kehidupannya. Beliau menempatkan kami di sekolahnya. Beliau sangat
perhatian terhadap kami. Kadang beliau mengutus putra beliau yang
bernama Yahya untuk menyalakan lampu buat kami. Beliau senantiasa
menjadi imam dalam shalat fardhu.”
Syeikh Ibnu Qudamah sempat tinggal
bersama beliau selama satu bulan sembilan hari. Kesempatan ini digunakan
untuk belajar kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani sampai beliau
meninggal dunia. (Siyar A’lamin NubalaXX/442). Beliau adalah seorang
‘alim. Beraqidah Ahlu Sunnah, mengikuti jalan Salafush Shalih. Dikenal
banyak memiliki karamah-karamah. Tetapi banyak (pula) orang yang
membuat-buat kedustaan atas nama beliau. Kedustaan itu baik berupa
kisah-kisah, perkataan-perkataan, ajaran-ajaran, “thariqah” yang berbeda
dengan jalan Rasulullah, para sahabatnya, dan lainnya. Diantaranya
dapat diketahui dari perkataan Imam Ibnu Rajab, ”
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani adalah
seorang yang diagungkan pada masanya. Diagungkan oleh banyak para
syeikh, baik ‘ulama dan para ahli zuhud. Beliau banyak memiliki
keutamaan dan karamah. Tetapi ada seorang yang bernama Al Muqri’ Abul
Hasan Asy Syathnufi Al Mishri (Nama lengkapnya adalah Ali Ibnu Yusuf bin
Jarir Al Lakh-mi Asy Syath-Nufi. Lahir di Kairo tahun 640 H, meninggal
tahun 713 H. Dia dituduh berdusta dan tidak bertemu dengan Syeikh Abdul
Qadir Al Jailani) mengumpulkan kisah-kisah dan keutamaan-keutamaan
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam tiga jilid kitab. Dia telah menulis
perkara-perkara yang aneh dan besar (kebohongannya ). Cukuplah seorang
itu berdusta, jika dia menceritakan yang dia dengar. Aku telah melihat
sebagian kitab ini, tetapi hatiku tidak tentram untuk berpegang
dengannya, sehingga aku tidak meriwayatkan apa yang ada di dalamnya.
Kecuali kisah-kisah yang telah masyhur dan terkenal dari selain kitab
ini. Karena kitab ini banyak berisi riwayat dari orang-orang yang tidak
dikenal. Juga terdapat perkara-perkara yang jauh ( dari agama dan akal
), kesesatan-kesesatan, dakwaan-dakwaan dan perkataan yang batil tidak
berbatas. (Seperti kisah Syeikh Abdul Qadir menghidupkan ayam yang telah
mati, dan sebagainya.) semua itu tidak pantas dinisbatkan kepada Syeikh
Abdul Qadir Al Jailani rahimahullah. Kemudian aku dapatkan bahwa Al
Kamal Ja’far Al Adfwi (Nama lengkapnya ialah Ja’far bin Tsa’lab bin
Ja’far bin Ali bin Muthahhar bin Naufal Al Adfawi. Seoarang ‘ulama
bermadzhab Syafi’i. Dilahirkan pada pertengahan bulan Sya’ban tahun 685
H. Wafat tahun 748 H di Kairo. Biografi beliau dimuat oleh Al Hafidz di
dalam kitab Ad Durarul Kaminah, biografi nomor 1452.) telah menyebutkan,
bahwa Asy Syath-nufi sendiri tertuduh berdusta atas kisah-kisah yang
diriwayatkannya dalam kitab ini.”(Dinukil dari kitab At Tashawwuf Fii
Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509, karya Syeikh Abdul Qadir bin
Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar, Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415 H /
8 April 1995 M.). Imam Ibnu Rajab juga berkata, ” Syeikh Abdul Qadir Al
Jailani rahimahullah memiliki pemahaman yang bagus dalam masalah
tauhid, sifat-sifat Allah, takdir, dan ilmu-ilmu ma’rifat yang sesuai
dengan sunnah. Beliau memiliki kitab Al Ghunyah Li Thalibi Thariqil Haq,
kitab yang terkenal. Beliau juga mempunyai kitab Futuhul Ghaib.
Murid-muridnya mengumpulkan perkara-perkara yang berkaitan dengan
nasehat dari majelis-majelis beliau. Dalam masalah-masalah sifat, takdir
dan lainnya, ia berpegang dengan sunnah. Beliau membantah dengan keras
terhadap orang-orang yang menyelisihi sunnah.”
Syeikh Abdul Qadir Al Jailani
menyatakan dalam kitabnya, Al Ghunyah, ” Dia (Allah ) di arah atas,
berada diatas ‘arsyNya, meliputi seluruh kerajaanNya. IlmuNya meliputi
segala sesuatu.” Kemudian beliau menyebutkan ayat-ayat dan
hadist-hadist, lalu berkata ” Sepantasnya menetapkan sifat istiwa’ (
Allah berada diatas ‘arsyNya ) tanpa takwil ( menyimpangkan kepada makna
lain ). Dan hal itu merupakan istiwa’ dzat Allah diatas arsy.” (At
Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 515). Ali bin Idris pernah
bertanya kepada Syeikh Abdul Qadir Al Jailani, ” Wahai tuanku, apakah
Allah memiliki wali (kekasih ) yang tidak berada di atas aqidah ( Imam )
Ahmad bin Hambal?” Maka beliau menjawab, ” Tidak pernah ada dan tidak
akan ada.”( At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 516).
Perkataan Syeikh Abdul Qadir Al Jailani
tersebut juga dinukilkan oleh Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah dalam kitab
Al Istiqamah I/86. Semua itu menunjukkan kelurusan aqidahnya dan
penghormatan beliau terhadap manhaj Salaf.
Sam’ani berkata, ” Syeikh Abdul Qadir
Al Jailani adalah penduduk kota Jailan. Beliau seorang Imam bermadzhab
Hambali. Menjadi guru besar madzhab ini pada masa hidup beliau.” Imam
Adz Dzahabi menyebutkan biografi Syeikh Abdul Qadir Al Jailani dalam
Siyar A’lamin Nubala, dan menukilkan perkataan Syeikh sebagai
berikut,”Lebih dari lima ratus orang masuk Islam lewat tanganku, dan
lebih dari seratus ribu orang telah bertaubat.”
Imam Adz Dzahabi menukilkan
perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan Syeikh Abdul Qadir yang
aneh-aneh sehingga memberikan kesan seakan-akan beliau mengetahui
hal-hal yang ghaib. Kemudian mengakhiri perkataan, ”Intinya Syeikh Abdul
Qadir memiliki kedudukan yang agung. Tetapi terdapat kritikan-kritikan
terhadap sebagian perkataannya dan Allah menjanjikan (ampunan atas
kesalahan-kesalahan orang beriman ). Namun sebagian perkataannya
merupakan kedustaan atas nama beliau.”( Siyar XX/451 ). Imam Adz Dzahabi
juga berkata, ” Tidak ada seorangpun para kibar masyasyeikh yang
riwayat hidup dan karamahnya lebih banyak kisah hikayat, selain Syeikh
Abdul Qadir Al Jailani, dan banyak diantara riwayat-riwayat itu yang
tidak benar bahkan ada yang mustahil terjadi“.
Syeikh Rabi’ bin Hadi Al Madkhali
berkata dalam kitabnya, Al Haddul Fashil,hal.136, ” Aku telah
mendapatkan aqidah beliau ( Syeikh Abdul Qadir Al Jailani ) didalam
kitabnya yang bernama Al Ghunyah. (Lihat kitab Al-Ghunyah I/83-94) Maka
aku mengetahui bahwa dia sebagai seorang Salafi. Beliau menetapkan
nama-nama dan sifat-sifat Allah dan aqidah-aqidah lainnya di atas manhaj
Salaf. Beliau juga membantah kelompok-kelompok Syi’ah,
Rafidhah,Jahmiyyah, Jabariyyah, Salimiyah, dan kelompok lainnya dengan
manhaj Salaf.” (At Tashawwuf Fii Mizanil Bahtsi Wat Tahqiq, hal. 509,
karya Syeikh Abdul Qadir bin Habibullah As Sindi, Penerbit Darul Manar,
Cet. II, 8 Dzulqa’dah 1415 H / 8 April 1995 M.)
Inilah tentang beliau secara ringkas.
Seorang ‘alim Salafi, Sunni, tetapi banyak orang yang menyanjung dan
membuat kedustaan atas nama beliau. Sedangkan beliau berlepas diri dari
semua kebohongan itu. Wallahu a’lam bishshawwab.
Kesimpulannya beliau adalah seorang
‘ulama besar. Apabila sekarang ini banyak kaum muslimin
menyanjung-nyanjungnya dan mencintainya, maka itu adalah suatu
kewajaran. Bahkan suatu keharusan. Akan tetapi kalau meninggi-ninggikan
derajat beliau di atas Rasulullah shollallahu’alaihi wasalam, maka hal
ini merupakan kekeliruan yang fatal. Karena Rasulullah shollallahu
‘alaihi wasalam adalah rasul yang paling mulia diantara para nabi dan
rasul. Derajatnya tidak akan terkalahkan disisi Allah oleh manusia
manapun. Adapun sebagian kaum muslimin yang menjadikan Syeikh Abdul
Qadir Al Jailani sebagai wasilah ( perantara ) dalam do’a mereka,
berkeyakinan bahwa do’a seseorang tidak akan dikabulkan oleh Allah,
kecuali dengan perantaranya. I
Jadi sudah menjadi keharusan bagi
setiap muslim untuk memperlakukan para ‘ulama dengan sebaik mungkin,
namun tetap dalam batas-batas yang telah ditetapkan syari’ah.
Pada tahun 521 H/1127 M, dia mengajar
dan berfatwa dalam semua madzhab pada masyarakat sampai dikenal
masyarakat luas. Selama 25 tahun Abdul Qadir Jaelani menghabiskan
waktunya sebagai pengembara sufi di Padang Pasir Iraq dan akhirnya
dikenal oleh dunia sebagai tokoh sufi besar dunia Islam. Selain itu dia
memimpin madrasah dan ribath di Baghdad yang didirikan sejak 521 H
sampai wafatnya di tahun 561 H. Madrasah itu tetap bertahan dengan
dipimpin anaknya Abdul Wahab (552-593 H/1151-1196 M), diteruskan anaknya
Abdul Salam (611 H/1214 M). Juga dipimpin anak kedua Abdul Qadir
Jaelani, Abdul Razaq (528-603 H/1134-1206 M), sampai hancurnya Baghdad
pada tahun 656 H/1258 M.
Syeikh Abdul Qadir Jaelani juga dikenal
sebagai pendiri sekaligus penyebar salah satu tarekat terbesar didunia
bernama Tarekat Qodiriyah.
Awal Kemasyhuran Al-Jaba’I berkata
bahwa Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani juga berkata kepadanya, “tidur dan
bangunku sudah diatur. Pada suatu saat, dalam dadaku timbul keinginan
yang kuat untuk berbicara. Begitu kuatnya sampai aku merasa tercekik
jika tidak berbicara. Dan ketika berbicara, aku tidak dapat
menghentikannya. Pada saat itu ada dua atau tiga orang yang mendengarkan
perkataanku. Kemudian mereka mengabarkan apa yang aku ucapkan kepada
orang-orang, dan merekapun berduyun-duyun mendatangiku di masjid Bab
Al-Halbah. Karena tidak memungkinkan lagi, aku dipindahkan ke tengah
kota dan dikelilingi dengan lampu. Orang-orang tetap datang di malam
hari dan memakai lilin dan obor dan memenuhi tempat tersebut. Kemudian
aku dibawa keluar kota dan ditempatkan di sebuah mushalla. Namun
orang-orang tetap datang kepadaku, dengan mengendarai kuda, unta bahkan
keledai dan menempati tempat disekelilingku. Saat itu hadir sekitar 70
orang para wali RadhiAllahu anhum.
Kemudian Syaikh Abdul Qadir
melanjutkan, “Aku melihat Rasululloh SAW sebelum dzuhur, beliau berkata
kepadaku, ’anakku, mengapa engkau tidak berbicara ?’. ’Ayahku, bagaimana
aku yang non arab ini berbicara di depan orang-orang fasih dari
Baghdad?’. Beliau berkata, ’buka mulutmu’, lalu beliau meniup 7 kali ke
dalam mulutku kemudian berkata, ”bicaralah dan ajak mereka ke jalan
Allah dengan hikmah dan peringatan yang baik”. Setelah itu aku shalat
dzuhur dan duduk dan mendapati jumlah yang sangat luar biasa banyaknya
sehingga membuatku gemetar. Kemudian aku melihat Ali r.a. datang dan
berkata, ’buka mulutmu’. Beliau lalau meniup 6 kali kedalam mulutku dan
ketika aku bertanya kepadanya mengapa beliau tidak meniup 7 kali seperti
yang dilakukan Rasululloh SAW, beliau menjawab bahwa beliau melakukan
itu karena rasa hormat beliau kepada RasuluLloh SAW. Kemudian akku
berkata, ’Pikiran, sang penyelam, mencari mutiara ma’rifah dengan
menyelami laut hati, mencampakkannya ke pantai dada , dilelang oleh
lidah sang calo, kemudian dibeli dengan permata ketaatan dalam rumah
yang diizinkan Allah untuk diangkat’”. Beliau kemudian menyitir :
Idan untuk wanita seperti Laila seorang pria dapat membunuh dirinya, dan menjadikan maut dan siksaan sebagai sesuatu yang manis
Dalam beberapa manuskrip saya
mendapatkan Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani berkata, ”Sebuah suara berkata
kepadaku saat aku berada di pengasingan diri, ‘kembali ke Baghdad dan
ceramahilah orang-orang’. Akupun masuk Baghdad dan menemukan para
penduduknya dalam kondisi yang tidak aku sukai dan karena itulah aku
tidak jadi mengikuti mereka’. ‘sesungguhnya’ kata suara tersebut
,’mereka akan mendapatkan manfaat dari keberadaan dirimu’.
‘Apa hubungan mereka dengan keselamatan agamaku / keyakinanku’ tanyaku.
‘Kembali (ke Baghdad) dan engkau akan mendapatkan keselamatan agamamu’ jawab suara itu.
Akupun menbuat 70 perjanjian dengan
Allah. Diantaranya adalah tidak ada seorangpun yang menentangku dan
tidak ada seorang muridku yang meninggal kecuali dalam keadaan
bertaubat. Setelah itu, aku kembali ke Baghdad dan mulai berceramah.
Suatu ketika saat aku berceramah , aku melihat sebuah cahaya terang
benderang mendatangi aku. ‘Apa ini dan ada apa?’tanyaku. ‘Rasululloh SAW
akan datang menemuimu untuk memberikan selamat’ jawab sebuah suara.
Sinar tersebut makin membesar dan aku mulai masuk dalam kondisi
spiritual yang membuatku setengah sadar. Lalu aku melihat RasuLulloh SAW
di depan mimbar, mengambang di udara dan memanggilku, ’wahai Abdul
Qadir’. Begitu gembiranya aku dengan kedatangan RasuluLloh SAW , aku
melangkah naik ke udara menghampirinya. Beliau meniup ke dalam mulutku 7
kali. Kemudian Ali datang dan meniup ke dalam mulutku 3 kali. ’mengapa
engkau tidak melakukan seperti yang dilakukan RasuluLloh SAW?’ tanyaku
kepadanya. ‘sebagai rasa hormatku kepada Rasulullah SAW‘ jawab beliau.
RasuluLlah SAW kemudian memakaikan
jubah kehormatan kepadaku. ‘apa ini ?’ tanyaku. ‘ini’ jawab Rasulullah,
’adalah jubah kewalianmu dan dikhususkan kepada orang-orang yang
mendapat derajad Qutb dalam jenjang kewalian’. Setelah itu , akupun
tercerahkan dan mulai berceramah.
Saat Khidir as. Datang hendak mengujiku
dengan ujian yang diberikan kepada para wali sebelumku, Allah
membukakan rahasianya dan apa yang akan di katakannya kepadaku. Aku
berkata kepadanya, ”Wahai Khidir, apabila engkau berkata kepadaku
’Engkau tidak akan sabar kepadaku’, maka aku akan berkata kepadamu
‘Engkau tidak akan sabar kepadaku’. Wahai Khidir, Engkau termasuk
golongan Israel sedangkan aku termasuk golongan Muhammad, maka inilah
aku dan engkau. Aku dan engkau seperti sebuah bola dan lapangan, yang
ini Muhammad dan yang ini Ar-Rahman, ini kuda berpelana, busur terentang
dan pedang terhunus.” Al-Khattab pelayan Syaikh Abdul QAdir
meriwayatkan bahwa suatu hari ketika beliau sedang berceramah tiba-tiba
beliau berjalan naik ke udara dan berkata, “Hai orang Israel, dengarkan
apa yang dikatakan oleh kaum Muhammad” lalu kembali ke tempatnya. Saat
ditanya mengenai hal tersebut beliau menjawab, ”Tadi Abu Abbas Al-Khidir
as lewat, maka akupun berbicara kepadanya seperti yang kalian dengar
tadi dan ia berhenti”.
Guru dan teladan kita Syaikh Abdul
Qadir Al-Jilli berkata,” seorang Syaikh tidak dapat dikatakan mencapai
puncak spiritual kecuali apabila karakter berikut ini telah mendarah
daging dalam dirinya yaitu :
Dua karakter dari Allah yaitu dia menjadi seorang yang Sattar (menutup aib) dan Ghaffar (Maha pemaaf).
Dua karakter dari RasuluLlah SAW yaitu penyayang dan lembut
Dua karakter dari Abu Bakar yaitu jujur dan dapat dipercaya.
Dua karakter dari Umar yaitu amar ma’ruf nahi munkar
Dua karakter dari Utsman yaitu dermawan dan bangun (tahajjud) pada waktu orang lain sedang tidur.
Dua karakter dari Ali yaitu aalim (cerdas/intelek) dan pemberani.
Masih berkenaan dengan pembicaraan di atas dalam bait syair yang dinisbatkan kepada beliau dikatakan :
Bila lima perkara tidak terdapat dalam diri seorang syaikh maka ia adalah Dajjal yang mengajak kepada kesesatan.
Dia harus sangat mengetahui hukum-hukum
syariat dzahir, mencari ilmu hakikah dari sumbernya, hormat dan ramah
kepada tamu, lemah lembut kepada si miskin, mengawasi para muridnya
sedang ia selalu merasa diawasi oleh Allah
Syaikh Abdul Qadir juga menyatakan
bahwa Syaikh Al-Junaid mengajarkan standar Al-Qur’an dan Sunnah kepada
kita untuk menilai seorang Syaikh. Apabila ia tidak hapal Al-Qur’an,
tidak menulis dan menghapal Hadits, maka dia tidak pantas untuk diikuti.
Menurut saya (penulis buku) yang harus
dimiliki seorang Syaikh ketika mendidik seseorang adalah dia menerima si
murid untuk Allah, bukan untuk dirinya atau alasan lainnya. selalu
menasihati muridnya, mengawasi muridnya dengan pandangan kasih. Lemah
lembut kepada muridnya saat sang murid tidak mampu menyelesaikan
Riyadhah. Dia juga harus mendidik si murid bagaikan anak sendiri dan
orang tua penuh dengan kasih dan kelemah lembutan dalam mendidik
anakknya. Oleh karena itu dia selalu memberikan yang paling mudah kepada
si murid dan tidak membebaninya dengan sesuatu yang tidak mampu
dilakukannya. Dan setelah sang muuriid bersumpah untuk bertobat dan
selalu taat kepada Allah baru sang syaikh memberikan yang lebih berat
kepadanya. Sesungguhnya bai’at bersumber dari hadits RasuluLlah SAW
ketika beliau mengambil bai’at para sahabatnya.
Kemudian dia harus mentalqin si murid
dengan zikir lengkap dengan silsilahnya. Sesungguhnya Ali ra. Bertanya
kepada RasuluLloh SAW, ‘Yaa Rasulullah, jalan manakah yang terdekat
untuk sampai kepada Allah, paling mudah bagi hambanya dan paling afdhal
di sisi Nya. RasuluLlah berkata,’Ali, hendaknya jangan putus berzikir
(mengingat) kepada Allah dalam khalwat (kontemplasinya)’. Kemudian Ali
ra. Kembali berkata , ‘Hanya demikiankah fadhilah zikir, sedangkan semua
orang berzikir’. RasuluLlah berkata,’Tidak hanya itu wahai Ali, kiamat
tidak akan terjadi di muka bumi ini selama masih ada orang yang
mengucapkan “Allah” “Allah”. ‘Bagai mana aku berzikir?’. Tanya Ali.
RasuluLlah bersabda, ’dengarkan apa yang aku ucapkan. Aku akan
mengucapkannya sebanyak tiga kali dan aku akan mendengarkan engkau
mengulanginya sebanyak tiga kali pula’. Lalu RasuluLlah berkata, “Laa
ilaaha illallah” sebanyak tiga kali dengan mata terpejam dan suara
kjeras. Ucapan tersebut di ulang oleh Ali dengan cara yang sama
RasuluLlah lakukan. Inilah asal talqin kalimat Laa ilaaha Illallah.
Semoga Allah memberikan taufiknya kepada kita dengan kalimat tersebut”.
Syaikh Abdul Qadir berkata, ”Kalimat
tauhid akan sulit hadir pasda seorang individu yang belum di talqin
dengan zikir bersilsilah kepada RasulluLlah oleh Mursyidnya saat
menghadapi sakaratil maut”.
Karena itulah Syaikh Abdul Qadir selalu
mengulang-ulang syair yang berbunyi : Wahai yang enak diulang dan
diucapkan (kalimat tauhid) jangan engkau lupakan aku saat perpisahan
(maut).